Thursday, October 28, 2010

Racun Bernama Korea Part 3

Hallyu . . atau bahasa inggrisnya Korean Wave, masuk ke berbagai negara lewat berbagai cara. Hallyu ini yaitu transfer budaya ataupun kegiatan korea ke luar negeri. pertamanya Korean Wave cuma kata kata doank, gtw nya itu udah jadi slogan buat para artis di Korea sana. mereka bangga banget sama yang namanya Hallyu, gmana g? Industri mereka pelan tapi pasti masuk ke dunia kita. Skrg ud mulai ngerambah yang namanya K-Pop. .

Pertamanya masuknya budaya korea dimulai dari peneyebaran film atau dramanya. Drama - drama korea dibuat sangat nunjukin gimana c hidup di Korea? atau kebiasaan org korea itu apa c? Di Film Jewel In The Palace, disana di gambarin keadaan kerajaan korea dan sgala rupanya, salah satunya yang menarik dunia Barat ialah makanannya. Walaupun Kimbap ga seterkenal Sushi, tapi penyebaran informasi sangat amat kenceng di drama drama ini.

Jewell In The Palace atau sering dengernya Jang Geum

Menurut kabar yg gw denger, Internet paling kenceng ada di Amrik, c negara adidaya itu, tpi ternyata ga!! Internet yg paling kenceng ada di Korea Selatan. Pemerintah nya sejak tahun 90an uda melek internet, dan tau banget apa yang bisa dilakuin internet dimasa yang akan datang. Buat perbandingan ni negara negara dengan download speed paling kenceng di tiap benuanya

Amerika
United States : 10 Mbps
Eropa
Latvia : 25 Mbps
Afrika
Ghana : 8 Mbps
Australia
Australia : 8 Mbps
Asia
Korea Selatan : 35 Mbps

sumber : http://www.speedtest.net/

Jadi sekarang Korea punya media paling canggih dan yang terbaik buat nyebarin informasi tentang negaranya. Bahkan rencananya Korea mau bikin Internet yg donlotnya nyampe 2 Gbps! wow . . ad yg kuat ga tu harddisk nya? 2 giga satu detik . . hmmmmm

Penyebaran budaya dan informasi Korea ud mulai masuk ke Indonesia, dimulai dari film Jewell In The Palace, Full House, sampe yg terakhir, Boys Over Flowers . . semua masuk ngegantiin film Taiwan yg dulu nge Hit bgt di Indonesia kaya Twins, At The Dolphin Bay, sama Meteor Garden. menurut gw Full House film yg paling gw inget, artisnya Song Hye Kyo, sama Joong Ji Hoon atau yang biasa disebut Rain.

Rain itu bener bener duta bangsa buat penyebaran Korea menurut gw, dia artis Korea yg multi talented. Dance, nyanyi, maen film, bintang iklan, model, produser, dll . . kabarnya c Rain ini ga perlu ikutan wajib militer buat co korea selama 4 tahun, gara gara dia dapet penghargaan dari negrinya sendiri . . wooooww!!

Rain Di Film Holywood keduanya Ninja Assassin

Rain dteng ke Indo sekitar oktober tahun lalu, bulan febuari juga dateng Wonder Girls ke Indo, dan yang terakhir awal bulan oktober ini kita sempet di datengin SHINee . .,, menurut gw lagu lagu K-Pop ga jauh dri R&B ama Elektrik Pop, terasa banget di lagu lagu yang keluar semuanya hampir seragam, ya mungkin itulah yang sedang ngetrend disana . . Kaya di indonesia, lagu lagu yg sedang banyak keluar dipasaran ya Pop Melayu.

Karena banyaknya artis artis K-Pop pemerintah buat mempromosikan negaranya ke luar negeri, make jasa artis artis tersebut buat nyanyi tentang Korea (pada umumnya, Seoul pada khususnya). Tahun 2009 artis yg dipake ga tanggung tanggung, 2 grup vokal terbaik langsung di kontrak! Girls Generation sama Super Junior lewat lagunya Seoul Song. Tahun 2010 skrg pemerintah pake jasa artis 2 pm, boy band yg terkenal "katanya" buas, nge bawain lagu Fly To Seoul. . hmmm. . . di music video nya ditonjolin keadaan kota seoul, dan kegiatan para pemuda dan pemudinya. 10 jempol buat mentri budaya korea selatan!

Seoul Song

Fly To Seoul

bersambung

No comments: