Thursday, May 6, 2010

Kenangan di K.A Parahyangan



Seperti smw pembaca ketahui, PT.KAI menghentikan pengoperasian K.A Parahyangan yang memiliki jalur Bandung - Jakarta. semua berawal dari hadirnya jalur transportasi darat baru bernama TOL CIPULARANG, yang membuka keran bisnis trave dan mematikan bisnis K.A Parahyangan


Pada saat saya masih duduk di bangku [yaiya masa di meja] sekolah dasar Keramat Pela di Jakarta Selatan, ayah saya tinggal di bandung untuk mencari nafkah, 2 minggu atau 3 minggu sekali saya, uni dan bunda berkunjung ke Bandung untuk bertemu Ayah. Perjalanan bisa ditempuh dengan dua cara, dengan Mobil via Puncak dan Kereta Api. perjalanan menggunakan mobil memakan waktu sebanyak 3 - 4 jam, sedangkan menggunakan K.A Parahyangan memakan waktu 2,5 jam.

Perjalanan saya banyak menggunakan K.A Parahyangan, karena lebih cepat sampai dan lebih menarik daripada menggunakan mobil. berangkat dari stasiun Gambir yang bernuansa Hijau, kita langsung naik ke Lantai 3 untuk naik ke jalur kereta. disana saya bersama Oma [panggilan bwt nenek] sering beli Hoka Hoka Bento bwt dimakan di Kereta. kalau tidak membeli itu kami sering pula membeli Nasi Goreng K.A Parahyangan yang sangat nikmat.

di perjalanan nampak rumah rumah warga jakarta yang beragam, dari yang besar besar, sedang, sampai yang di pinggir sungai. setelah sampai di Jatinegara, kereta mengisi penumpang lagi. Hiburan yang kami dapat di K.A Parahyangan sangat beragam, ada yang menjual Mainan Khas K.A Parahyangan, ada Bapak - Bapak yang menyewakan majalah dan koran, dan Televisi yang selalu menanyangkan iklan Watchout! [rindunyaaaaaa, T_T]. Di perjalanan tak lupa saya bertemu dengan orang orang terkenal, namun yag saya ingat adalah Marshanda yang duduk bangku depan saya, wajahnya kelihatan dari pantulan jendela K.A Parahyangan yang sangat besar.

sesampainya di stasiun bandung, suasana yang didapat yaitu warna ungu. yang anehnya bernagkat dari jakarta di lantai 3, dan sampai di bandung di lantai dasar, padahal dalm perjalanan sy tak merasakan kereta turun secara drastis. hehe

pokoknya perjalanan menggunakan kereta sangat menyenangkan dan mnarik untuk dikenang,, saya merasa kasihan kepada anak kecil jaman sekarang yang tumbuh tanpa pernah naik kereta apai [tuut tuut tuuuuuttt]

No comments: